Rabu, 21 Januari 2009

cerita tentang komputer

Komputer Generasi Pertama

Halo pembaca yang budiman, bersyukurlah saat ini Anda diberi kesempatan untuk dapat membaca buku saya, karena pada Bab 1 ini akan saya paparkan betapa pentingnya teknologi mikrokontroler pada berbagai aspek kehidupan. Meskipun perkembangan mikrokontroler didahului dengan munculnya mikroprosesor yang berdampak pada pesatnya pengembangan teknologi komputer, mikrokontroler sangat dibutuhkan untuk menjadi pengontrol utama sistem elektronika digital berukuran kecil dan menengah. Dengan memahami berbagai kelebihan dan penerapan mikrokontroler, maka sesungguhnya banyak hal berguna yang dapat kita lakukan untuk bangsa kita.

Jauh sebelum ditemukannya transistor pada tahun 1947, sebenarnya komputer berukuran besar sudah digunakan untuk melakukan komputasi data. Bahasa pemrograman juga sudah ada pada sekitar tahun 1945 yang bernama Plankalkul yang dibuat oleh ilmuwan Jerman bernama Konrad Zuse ( baca : Tsoo zuh), namun belum sempat diterapkan karena kondisi pada saat itu sedang perang.

Gambar dibawah ini merupakan foto dari Departemen Amerika yang menggunakan komputer digital pertama bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Digunakan untuk menghitung jarak tembakan pada perang dunia ke 2. Komputer tersebut menggunakan tabung vakum 19.000 buah setara dengan kecepatan kalkulator standar kita.

300px-eniac.jpg

Gambar 1.1 Komputer digital pertama di US Army

Dengan ditemukannya transistor maka ukuran komputer yang berukuran 1 ruangan besar dapat diperkecil. Ukuran komputer menjadi sangat kecil dikarenakan penggunakan teknologi nano yang mampu menghasilkan chip yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan transistor,

image017.jpg

Gambar 1.2 transistor generasi pertama

Gambar diatas menampilkan hasil penelitian John Barden dan Walter Brattain di labolatorium Bell yang sedang melakukan penelitian crystal surfaces. Penelitian pada tahun 1947 menghasilkan kemajuan dengan menggantikan material yang lebih baik, dihasilkan transistor yang berfungsi sebagai penguat arus atau saklar elektronik. Transistor inilah yang menjadi cikal bakal dihasilkannya chip yang yang mampu membuat komputer kita menjadi seukuran jam tangan.

Prosesor

Pada sebuah komputer, terdapat mikroprosesor yang digunakan untuk memproses data. Mikroprosesor ialah suatu chip yang berfungsi sebagai pemroses data dari input yang diterima pada suatu system digital. Mikroprosesor paling mudah ditemukan pada Komputer (Central Processing Unit). Mikroprosesor yang umum pada komputer biasanya bermerek INTEL, AMD, atau CYRIX. Saat ini kecepatan prosesor INTEL Pentium 4 sudah sampai 3 GHz. Semakin tinggi frekwensi prosesor dan lebar data (saat ini mencapai 64 Bit) maka semakin cepat pemrosesan yang dilakukan prosesor.

Mikroprosesor merupakan bagian yang sangat penting di dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada tahun 1971, Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama di dunia dengan seri 4004, yang digunakan untuk kalkulator. 4004 hanya mempunyai 2300 transistor dan merupakan chip 4 bit. Berselang 1 tahun kemudian, muncul mikroprosesor 8008, yang merupakan mikroprosesor 8 bit pertama dengan 3300 transistor. 2 tahun kemudian (tahun 1974) Intel memperkenalkan mikroprosesor general purpose, 8080 dengan 6000 transistor yang digunakan sebagai mikroprosesor untuk komputer di rumah-rumah.

Processor 8086

Pada tahun 1978, Intel memperkenalkan mikroprosesor 16 bit bernama 8086, yang mana merupakan pengembangan dari mikroprosesor sebelumnya yaitu 8080/8085.

8086 ialah mikroprosesor dengan lebar bus data sebesar 16 bit secara internal dan eksternal. Maksudnya ialah seluruh register lebarnya 16 bit dan ada bus data selebar 16 bit untuk mentransfer data ke dalam dan keluar CPU. Karena masih ada perangkat keras yang hanya berukuran 8 bit serta harga PCB dengan lebar 16 bit data yang sangat mahal, mikroprosesor ini mengalami masalah dengan lebar datanya. Oleh karena itu Intel meluncurkan mikroprosesor 8088 yang mampu menangani data 16 bit juga 8 bit data. Oleh karena itu pada tahun 1981 Intel mengubah komputer IBM menggunakan mikroprosesor 8088 yang ternyata sangat sukses di pasaran karena kompatibilitasnya.

Doc by: http://www.toko-elektronika.com/tutorial/uc2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar